Social Icons

Minggu, 03 Mei 2015

Keistimewaan Jamur Aspergillus oryzae dalam proses fermentasi


Tempe adalah makanan khas orang indonesia yang berasal dari kedelai ataupun kacang-kacangan. makanan ini sangat unik dalam proses pembuatanya mulai dari diinjak-injak kaki sampai dibungkus dengan daun jati.

Tempe adalah makanan yang dibuat dari fermentasi terhadap biji kedelai ataupun beberapa bahan lain yang menggunakan beberapa jenis Jamur Aspergillus oryaze. Sediaan fermentasi ini secara umum dikenal sebagai ''ragi tempe''.

Mungkin dari sobat sekalian ada yang masi bingung dan belum mengenal apa sebenarnya itu jamur Aspergillus oryzae saya tidak akan banyak bicara lagi, langsung aja cekidot

Aspergillus oryzae merupakan jamur berfilamen probiotik yang biasa digunakan dalam proses fermentasi kedelai, beras, gandum, dan kentang. Hal ini digunakan untuk membuat makanan Asia fermentasi tertentu seperti tempe, kecap, miso, sake, dan cuka beras. Proses fermentasi ini menghasilkan enzim yang dikenal bermanfaat bagi manusia dan hewan. Secara khusus, aspergillus oryzae menghasilkan enzim amilase, enzim penting bagi usus yang sehat dan pencernaan yang baik. Hal ini diketahui ketika jamur ini dipelihara untuk digunakan manusia, tetapi penggunaan direkam itu saat ini tanggal kembali lebih dari 2.000 tahun.

Gambar : Jamur Aspergillus oryzae
Makan makanan fermentasi dengan aspergillus oryzae umumnya dianggap aman, tetapi individu dengan alergi makanan harus memeriksa dengan penyedia kesehatan mereka sebelum dikonsumsi. Enzim amilase merupakan bagian dari saluran pencernaan manusia dan tidak harus menjadi masalah kesehatan dalam jumlah terkontrol yang digunakan dalam suplemen probiotik.  
 Sementara aspergillus oryzae tidak dianggap sebagai probiotik, itu sendiri, itu adalah komponen yang bermanfaat dan simbiosis bakteri probiotik untuk bekerja dengan baik dalam saluran pencernaan kita. Dengan mogok gula menjadi komponen sederhana, bakteri kita sehat dapat dengan cepat menyerap dan memanfaatkannya. Enzim adalah staf pendukung untuk semua bakteri non-patogen dan sangat penting untuk kesejahteraan kita, fungsi kekebalan tubuh yang tepat, fungsi usus yang teratur dan saluran pencernaan yang sehat. Aspergillus oryzae ditemukan dalam banyak makanan fermentasi dan sebagai bahan dalam banyak formula probiotik.


Sekian dan terimakasi, mudah-mudahan dapat bermanfaat !!
Jangan lupa komenya ya?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
 
Blogger Templates