Social Icons

Selasa, 05 Mei 2015

Pemeriksaan Sedimen Urin

Sobat Analis sekalian pada kesempatan ini saya akan menjelaskan sedikit cara pemeriksaan urin mudah-mudahn dapat bermanfaat.
 
Sedimen urin adalah  unsur yang tidak larut di dalam urin yang berasal dari darah, ginjal dan saluran kemih, sehingga pemeriksaan sedimen urin sangat penting  dalam membantu menegakkan diagnosa dan mengiikuti perjalanan penyakit pada kelainan ginjal dan saluran kemih.

pemeriksaan sedimen urin merukan mikroskopik urin dan sangat penting untuk mengetahui adanya kelainan pada ginjal dan saluran kemih serta berat ringannya penyakit.

Prinsip

Sejumlaj volume urine dipisahkan dari supernatan dan sedimennya melalui proses sentifugasi dilanjutkan dengan pemeriksaan sedimen dengan menggunakan mikroskope

Alat dan Bahan
1. Wadah penampung urin.
2. Tabung sentrifuge.
3. Sentrifuge.
4. Mikroskop.
5. Kaca objek dan kaca penutup.
6. Sampel urin sewaktu.

Cara kerja.
1. Masukkan sampel urin kedalam tabung sentrifuge, sentrifuge selama 5 menit pada 1500-200 rpm.
2. Buang cairan dibagian atas tabung dengan cara menghentakkan secara tepat, sehingga volume cairan dan sedimen tinggal 0.5-1 ml.
3. Kocok tabung untuk tabung meresuspensikan sedimen.
4. Letakkan 2 tetes sedimen tersebut diatas objek lalu ditutup dengan kaca penutup.
5. Periksa sedimen di bawah mikroskop dengan lensa objektif 10 x untuk lapangan pandang kecil (LPK) untuk melaporkan jumlah rata-rata sedimen, serta lensa obyektif 40 x untuk laporan pandang besar (LPB) untuk melaporkan jumlah rata-rata eritrosit dan leukosit.
6. Tulis hasil yang diperoleh : Elemen organik yaitu jumlah sel eritrosit, lekosit, epitel, silinder, bakteri, jamur, parasit, dan elemen anorganik berupa kristal, zat lemak.

Interpretasi hasil
Tes Sedimen
- Eritrosit : <5 /LPB
- Lekosit  : <5 /LPB
- Torak     : Negatif atau positif torak hialin.
- Bakteri   : <2 /LPB atau <1000 /ml.
- Sel         : Epitel pipih 
- Sperma  : Negatif.
- Lemak   : Negatif.
- Kristal   : Kalsium oksalat, asam urat,


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
 
Blogger Templates