Social Icons

Minggu, 03 Mei 2015

Pemeriksaan Laju Endap Darah (LED).


Selamat pagi, sore dan malam yang cerah pada kesempatan ini saya akan  membahas cara pemeriksaan Laju Endap Darah atau biasa disebut (LED) baik kita mulai saja cekidot.

Laju Endap Darah atau disebut dengan LED yaitu untuk mengukur kecepatan pengendapan sel darah merah di dalam plasma. Satuanya adalah mm/jam. Cara pemeriksaan yang dianjurkan International Committe for Standardization in Hematology (ICSH) adalah cara Westergren.

Bahan Pemeriksaan 

Darah vena dicampur dengan antikoagulan larutan sodium sitrat 0.09 M dengan perbandingan 4:1. Dapat juga dipakai darah EDTA yang diencerkan dengan larutan sodium sitrat 0.109 M dengan perbandingan 4:1 (1 ml darah + 0.25 ml Na.Citrat 3.8 %) atau jika menggunakan darah EDTA (2 ml darah + 20 ul larutan EDTA untuk pemeriksaan LED ambil 1 ml campuran darah  EDTA lalu + 0.25 ml NaCl 0.9 ).

Alat
  1.  Pipet Westergren
  2. Rak untuk pipet Westergren
Reagens

Larutan sodium sitrat 0.109 M
Na3C6H507.2 H2 32.08 g dilarutkan dalam air suling sampai 1000 ml. Larutkan ini disaring, dimasukkan ke dalam penampung steril dan disimpan dalam lemari es. Biasanya tahan untuk beberapa bulan, jangan dipakai apabila terjadi kekeruhan.

Cara Kerja
  1. Siapakan alat dan bahan.
  2. Isi pipet Westergren dengan darah sampai garis tanda 0. Pipet harus bersih dan kering.
  3. Letakkan pipet pada rak dan perhatikan supaya posisinya betul-betul tegak lurus pada suhu 18-25 0C. Jauhkan  dari cahaya matahari dan getaran.
  4. Setelah tepat 1 jam, baca hasilnya dalam mm/jam.

Sekian dan terimakasi, mudah-mudahan dapat bermanfaat !!
Jangan lupa komenya ya?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
 
Blogger Templates