Social Icons

Senin, 04 Mei 2015

Proses Pembentukan Urin

Mungkin ada sebagian orang yang belum mengetauhi  proses pembetukan urin, pada kesempatan ini saya akan menjelaskan sedikit proses pembetukan urin baik saya mulai saja..

Urin adalah hasil metabolisme tubuh yang dikeluarkan melalui unsistem urogenetik, urin dibentuk melalui rangkaian proses yaitu : proses penyaringan (filtrasi), penyerapan kembali (reabsorbsi) dan proses pengeluaran zat sisa yang tidak digunakan lagi dan tidak disimpan (ekskresi).
1. Proses penyaringan.
Terjadi di glomelurus, sedangkan sebagian yang tersaring adalah bagian cairan darah kecuali protein. cairan tersaring ditampung oleh  kapsul bowman yang terdiri dari dari glukosa, air, natrium, klorida, sulfat, bikarbonat dan lain-lain yang diteruskan ketubulus ginjal.

2. Proses reobsorbsi.
Pada proses ini terjadi penyerapan  kembali sebagian besar glukosa, natrium, klorida dan ion bikarboinat. Prosesnya terjadi secara pasif yang dikenal dengan obligator reabsorbsi terjadi pada tubulus atas. Sedangkan pada tubulus ginjal bagian bawah terjadi  kembali penyerapan natrium dan ion biokarbonat. Bila diperlukan  akan diserap kembali ke dalam tubulus yang dibagian bawah. Penyerapan terjadi secara aktif di kenal dengan reabsorbsi fakultatif  dan sisanya dialirkan pada papilla renalis.

3. Sekresi.
Sisanya akan diserap kembali pada tubulus dan diteruskan ke piala ginjal selanjutnya diteruskan ke ureter masuk kevesika urinaria

Sekian artikel saya pada kesempatan ini mudah2an dapat bermanfaat....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
 
Blogger Templates