Social Icons

Senin, 04 Mei 2015

Sediaan Hapus Darah Tepi

 
Sobat Analis sekalian yang cerah pada kesempatan ini saya akan menerangkan atau sekalian mengigatkan pada sobat yang mungkin ada yang lupa pada pemeriksaan sediaan hapus darah tepi, ok saya mulai saja..

Tujuan pemeriksaan sediaan hapus darah tepi antara lain menilai berbagai unsur sel darah tepi seperti eritrosit, leukosit dan trombosit, dan mencari adanya malaria, mikrofilaria dan lain sebagainya. Sediaan hapus yang dibuat dan dipulas dengan baik merupakan syarat mutlak untuk mendapatkan basil pemeriksaan yang baik.

Bahan pemeriksaan

Bahan pemeriksaan hapusan darah tepi adalah darah kapiler tanpa antikogulans atau darah vena dengan antikogulans Na2EDTA.
Membuat dan mewarnai
Pralatan
  1. Kaca objek ukuran 25x75 mm, Kaca objek yang digunakan  harus berul-betul bersih dan kering. sebaiknya kaca objek dicuci dengan deterjen dan dibilas dengan air, disimpan kering  atau dalam alkohol 95 %, sebelum dipakai kaca objek yang disimpan kering dihapus dengan alkohol kemudiandikeringkan.
  2. Batang gelas.
  3. Rak kaca objek.
  4. Pipet pasteur.
Cara membuat sediaan hapus
  1. Pilihlah kaca objek yang betul-betul rata dan bersih.
  2. Letakkan satu tetes kecil darah pada kurang lebih 2-3 mm dari ujung kaca objek. Letakkan kaca penghapus dengan sudut 30-45 derajat terhadap kaca objek di depan tetes darah.
  3. tarik kaca penghapus ke belakang sehingga menyentuh tetes darah, tunggu sampai darah menyebar pad sudut tersebut.
  4. dengan gerak yang mantap doronglah kaca penghapus sehingga terbentuk hapusan darah sepanjang 3-4 cm pada kaca objek.
Pewarnaa Giemsa

  1. Letakkan sediaan hapusan pada dua batang  gelas di atas bak tempat pewarnaan.
  2. Fiksasi sediaan hapus dengan metanol absolut selama 2-3 menit.
  3. Genangi sediaan hapus dengan zat warna Giemsa yang baru diencerkan, biarkan selama 20-30 menit.
  4. Bilas dengan air mengalir, mula-mula dengan aliran lambat kemudian lebih kuat dengan tujuan menghilangkan  semua zat warna. letakkan sediaan hapus dalam rak dalam posisi tegak dan biarkan mengering.

Beri komentar ya??

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
 
Blogger Templates